SNN dan PDB


Nah, berhubung tadi saya kuliah dengan mata kuliah yang bernama SNN dan PDB, maka kali ni saya berupaya menuliskan tentang mata kuliah saya. Lho, apa itu SNN, apa itu PDB? Sst, jangan pada ribut dulu, daripada nebak-nebak en pada akhirnya salah semua, nih ana kasih pengertiannya. Yuuk capcus, SNN merupakan singkatan dari Sistem Neraca Nasional, dan adapun PDB ialah Produk Domestik Bruto. Nah, menurut dosen SNN dan PDB, mata kuliah ni mendekati Official statistics–> PDB itu harus dipublikasikan setiap tahunnya. Sedangkan di tingkat regional ada PDRB.  Sedangkan penghitungan PDB Nasional tidak ada hubungannya dengan Hasil penghitungan PDRB di BPS Provinsi, Kabupaten/Kota. Nah, dalam hal ini, BPS Provinsi, BPS Kabupaten/Kota dan KSK (Koordinator Sensus Kecamatan), merupakan kaki tangan BPS Pusat (yang ada di Pasar Baru, Jakarta Pusat). Di mana BPS Provinsi berjumlah 33 buah, dengan lokasi BPS Kabupaten/Kota yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Dan BPS Provinsi bertugas membuat gambaran perekonomian provinsi, dan BPS Kabupaten/Kota membuat PDRB Kabupaten/Kota.

Sedangkan pada BPS Pusat terdapat STIS, dan Pusdiklat, dengan enam (6) deputi di BPS Pusat.

Sedangkan SNN mengacu pada buku PBB/United Nations yang berjudul System of National Account.

Pembahasan Sistem Neraca Nasional terkait dengan pendapatan-pengeluaran, yang mana antara produksi dan barang yang digunakan haruslah sama. Maka, di sini dibutuhkanlah alat untuk penyeimbang–> residual. Misalnya neraca Rugi-Laba, dan di sini penyeimbangnya ialah saldo.

Di sisi kiri tabel terdapat kolom pendapatan, dan di sebelah kirinya ialah pengeluaran. Pada kolom pendapatan, digunakanlah pendekatan produksi, dan di kolom sebelah kanan, digunakan pendekatan Susenas. Pada kolom sebelah kiri, kolom pendapatan, harus dibuat sama dengan kolom kanan dengan dibuat stock.

Dalam bidang SNN & PDB ini, kita juga akan melihat kenyataan bahwa dalam penghitungan terjadi, bidang pertanian naik, industri naik, pertambangan naik, tapi di sektor perdagangan bisa turun.

***bersambung dulu***

Tags: , , , , , , ,

3 Responses to “SNN dan PDB”

  1. irma Says:

    wah nemu tulisannya anak stis nih..
    hebat2

  2. muchlis Says:

    😀,,,wah edan
    aq blajar dari tmnq

  3. affanrifaki Says:

    mosok edan to….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: