Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah dan Kerbau (PSPK2011)


Pada tahun 2011 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanianbekerja sama dengan Badan Pusat Statistik berencana untuk melakukan Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah dan Kerbau (PSPK2011).

PSPK2011 dilakukan dalam rangka Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK) 2014, yang dipandang sangat mendesak, karena membutuhkan data yang akurat tentang populasi dasar (Po) sapi potong yang selama ini banyak diragukan oleh berbagai pihak. Pendataan yang selama ini dilakukan hanya didasarkan pada registrasi (pelaporan) dari tingkat Kabupaten/Kota sehingga lebih banyak bersifat estimasi.

Oleh karena itu kegiatan PSPK2011 akan dilakukan dengan metode sensus yang melibatkan Badan Pusat Statistik sebagai pelaksana swakelola yang dikuasakan. Apabila data (Po) tersebut telah diperoleh akan mempermudah dalam penyusunan kebijaksanaan selanjutnya dalam Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau, khususnya yang menyangkut keberlanjutan program sampai tahun 2014 sebagaimana tertuang dalam Nota Kesepahaman (MOU) antara BPS dan Kementerian Pertanian. Dan untuk menjamin ketersediaan data yang berkelanjutan, rencananya dilakukan pemeliharaan data secara mandiri oleh dinas Kabupaten/Kota selanjutnya pada tahun-tahun selanjutnya .

(Disarikan dari: Leaflet PSPK2011, Direktorat Jenderal Peternakan & Kesehatan Hewan dan Badan Pusat Statistik)

http://kulonprogokab.bps.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=44:pspk&catid=1:latest-news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: